Cara Mengatasi Parse Error (There Was The Kasus Parsing The Package) Ketika Instal File Apk Android

ada 2 sumber cara menginstal aplikasi android, sanggup melalui google play store dan sanggup dari luar google playstore.

Tentu saja yang paling kondusif ialah melaksanakan instalasi dari google playstore, tapi sayangnya tidak semua aplikasi tersedia di google playstrore, ada juga banyak aplikasi yang tersedia di luar google playstore yang sanggup kita instal secara manual.

Permasalahan yang sering dialami oleh pengguna ketika instal apk terutama ketika menginstal aplikasi android yang bersumber dari luar google playstore ialah munculnya kesalahan parse berupa pesan "Parse Error - there was the problem parsing the package".

 sumber cara menginstal aplikasi android Cara Mengatasi Parse Error (there was the problem parsing the package) ketika instal file apk androiddata-original-height="188" data-original-width="280" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_vHYU-5qk-R5-7pxiLl35oymu84XPrSpE3pBEHIuq5tCJ32F_Lo_CnBII6gtS-foAsVy9xk__aayRdWXheh8JWcS07EQmURiAEghbz53wCU10jdvMa-MgMySfJuDu1Jh9NeWh5F5xxczi/s1600/parse-error-instal-apk.jpg" title="Cara Mengatasi Parse Error (there was the problem parsing the package) ketika instal file apk android" />

Error tersebut bahwasanya permasalahan klasik yang paling umum yang sering dialami oleh pengguna perangkat android, dan memang permasalahan ini sering muncul ketika menginstal file apk android.

Penyebab Parse Error ketika instal apk android

Penyebabnya sanggup bermacam-macam, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Pengguna melaksanakan perubahan pada file manifes aplikasi (misalnya, mengubah versi OS Android) dan struktur package, ini umumnya sering terjadi pada file apk yang dimodifikasi memakai apk editor.
  • File APK yang diinstal mengalami kerusakan atau corrupt.
  • Izin instalasi file apk dari pihak ke 3 dari sumber tak dikenal masih non-aktif, pastikan bila menginstal file apk yang sumbernya diluar google playstore pengguna sudah mengaktifkan izin sumber tak dikenal.
  • Versi OS ponsel Android Anda atau perangkat keras ponsel berilmu Anda tidak kompatibel dengan aplikasi yang diinstal.
  • Sistem keamanan pada perangkat android Anda memblokir instalasi aplikasi pihak ketiga, pastikan memtikan antivirus di hp anda bila ada.

Cara Mengatasi Parse Error (there was the problem parsing the package) ketika instal apk android

Setelah mengetahui penyebabnya, maka untuk mengatasi permasalahan parse error beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Aktifkan izin pemasangan dari sumber tak dikenal.


Umumnya demi alasan keamanan, ponsel cerdas Android melarang penguna untuk memasang aplikasi dan perangkat lunak pihak ketiga dari semua sumber selain dari Google Play Store. 

Alasannya memasang aplikasi pihak ketiga dari sumber yang tidak dikenal sanggup membahayakan ponsel Android Anda.

Jadi, bila Anda mencoba menginstal file .apk, Anda mungkin menghadapi "Parse Error: Ada duduk kasus ketika menguraikan paket / there was the problem parsing the package". 

Salah satu cara untuk memperbaiki permasalahan ini ialah anda harus mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. 

Langkah-lankah untuk mengatur izin sumber tak dikenal di beberapa hp android mungkin akan berbeda antara brand hp satu dengan hp lainnya, untuk hp xiaomi langkahnya sebagai berikut:

a. Masuk ke sajian settings / pengaturan / setelan

b. Pilih sajian Setelan komplemen / additional settingsPrivacy / Privasi

c. Aktifkan opsi Unknown resource / sumber tidak dikenal.

2. Aktifkan Mode USB Debugging

Umumnya mengaktifkan debugging USB tidak terlalu dibutuhkan untuk menginstal aplikasi Android memakai file .apk. Namun demikian beberapa pengguna melaporkan bahwa mengaktifkan USB debugging bisa  memperbaiki duduk kasus berkaitan dengan Parse error.

Opsi USB Debugging terdapat di sajian opsi pengembang / developer option, dan umumnya developer option tidak ditempilkan secara default.

Makara yang pertama ialah mengaktifkan sajian opsi pengembang, kemudian gres mengaktifkan USB Debugging.

Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Aktifkan opsi pengembang
Di beberapa brand android cara mengaktifkan opsi pengembang memang berbeda, namun untuk pengguna hp xiaomi anda sanggup mengaktifkan opsi pengembang dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Masuk sajian settings > About  kemudian silahkan klik 7 kali pada versi MIUI hingga muncul anda sudah menjadi pengembang.

Untuk melihat opsi pengembang yang sudah aktif maka :
Buka sajian settings > additional setting > opsi pengembang / developer options

b. Aktifkan debug USB
Silahkan masuk ke halaman opsi pengebang di menu settings > additional setting > opsi pengembang / developer options, kemudian aktifkan opsi Debugging USB


3. Disable anti virus di hp android anda.

Untuk anda yang kebetulan mengaktifkan antivirus di hp android yang anda gunakan, silahkan coba untuk mematikan antivirus kemudian ulangi untuk instal file apk lagi, beberapa masalah penyebab parse error alasannya ialah antivirus aktif di hp android yang digunakan.

4. File APK Rusak atau tidak cocok dengan sistem perangkat

Yang berikutnya yang menjadikan parse error ketika instalasi file apk di hp android itu dikarenakan file apk rusak, silahkan coba download kembali kemudian instal ulang alasannya ialah sanggup jadi peyebabnya file APK yang dipakai rusak.

Yang kedua alasannya ialah versi peruntukan file APK tidak sesuai dengan system android anda,

Jika hal-hal di atas masih juga belum menginstal file apk dengan alasan parse error kemungkinan besar penyebabnya alasannya ialah file apk tidak support atau tidak compatible dengan sistem android perangkat anda, silahkan cari versi lainnya dan lihat spesifikasinya.


Itulah beberapa cara Mengatasi Parse Error (there was the problem parsing the package) ketika instal file apk android, supaya membantu.

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Hitung Waris Berbasis Android Terbaik Dan Akurat

Cara Menonaktifkan Lock Screen (Swipe Up) Di Hp Android Xiaomi

Cara Gampang Mengganti Bahasa Tema Hp Xiaomi Ke Bahasa Indonesia