Penyebab Baterai Hp Dicharge (Dicas) Usang Tapi Malah Berkurang

Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) dalam waktu yang usang namun baterai Malah berkurang.

Sebenarnya saya pribadi bukan tukang service hp, namun lantaran sering berkecimpung dengan tukang service yang kebetulan saudara sendiri, jadi untuk beberapa dilema pada hp terutama dilema hardware sedikit tau.

Masalah  yang ada sangkut pautnya dengan perangkat keras hp yang sering dialami oleh pengguna ialah dilema pada baterai hp, salah satunya menyerupai baterai hp dikala di charge bukannya nambah, justru malah berkurang.

Untuk anda pengguna android yang tidak tau mengenai dilema perbaikan hardware saya yakin akan dibentuk jengkel, dikala anda melaksanakan charge pada hp anda, namun batarainya malah berkurang.

 dalam waktu yang usang namun baterai Malah berkurang Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) usang tapi Malah berkurangdata-original-height="285" data-original-width="500" height="182" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFcg4Ep-O7zEWNEAvpv3XPDwUTn99osaLNDiqF_H8v4KWPYBT0kbb_MOz6OKts9YaeL0OhjEdOeC2ngs-RgONqJshn5ICQYOKYwUclqlQXZF7xR01ukMQjMyHfC1pUdPuZghNPcrgoqoiN/s320/sudah-dicas-lama-baterai-hp-malah-berkurang.jpg" title="Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) usang tapi Malah berkurang" width="320" />


Anda mungkin akan bertanya-tanya apa sebetulnya yang terjadi, dan mungkin anda akan menyangka kerusakan terjadi pada baterai hp yang digunakan, padahal anggapan anda belum tentu sepenuhnya benar.

Perlu diketahui bahwa permasalahan yang dapat terjadi pada daya baterai itu bukan hanya disebabkan oleh kerusakan baterai, dapat jadi lantaran ada kerusahakan perangkat keras hp yang sangat dekat kaitannya dengan baterai menyerupai kerusakan pada IC Power,  IC Charger atau kerusahakan pada jalur baterai menyuplai daya.

Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) tapi Malah berkurang

Untuk memastikan jenis kerusakan dan mengetahui penyebabnya maka langkah utama yang harus anda lakukan ialah melaksanakan pengecekan ringan seperti:

1. Mengganti Caharger hp dengan charger berbeda, kemudian coba, kemudian amati apakah sesudah diganti chargernya pengisian daya menjadi normal.

2. Mengganti baterai  dengan baterai homogen dari hp lainnya, kemudian amati apakah pengisian daya menjadi normal.

3. Coba lakukan charging dengan kondisi hp dalam keadaan mati, kemudian amati apakah daya masuk dan berjalan normal.

Jika ketiga investigasi ringan diatas tidak membuahkan hasil dan baterai hp anda tetap berkurang dikala di charge, maka penyebabnya kemungkinan besar ada kerusakan pada perangkat keras hp  anda terutama pada IC Power atau IC Charger hp anda.

Kenali Jenis Kerusakan Pada Baterai HP


Untuk mengenali jenis kerusakan pada baterai HP lantaran dilema perangkat keras menyerupai IC (Integrated Circuit), maka anda dapat indentifikasi akhir kerusahakan yang ditimbulkan Oleh Hardware terebut.

 dalam waktu yang usang namun baterai Malah berkurang Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) usang tapi Malah berkurangdata-original-height="320" data-original-width="240" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyivAb4zVG2sQ88b3wmjzRr-PA1cENEypY2NJPQD7OvqfwMp2G0eCiK1VtzajjlszZItE8fmharFcRKiGWov9koqlx2OIqu2u-CY4344HCSjJpxcKzExcyLd7Cuzsc8XwEliQwebpBvyuZ/s1600/komponen-dalam-hp.jpg" title="Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) usang tapi Malah berkurang" />


a. Akibat Kerusahakan IC Charging

Akibat yang ditimbulkan dikala kondisi IC Charging HP rusak umumnya akan menjadikan tanda-tanda berikut:

  1. Tidak dapat charge; 
  2. Charge otomatis Pengisian ulang ( reconnect charging );  
  3. Daya terisi namun stuk atau berhenti di x% dikala dicharger
  4. Drop baterai, bila terjadi koslet pada IC Charging, maka Charge sangat usang tapi tidak mengisi pada baterai.
  5. HP Ketika di charge baterai malah berkurang

b. Akibat kerusakan pada IC Power

Jika iC Power baterai rusak, maka beberapa akhir yang dapat ditimbulkan ialah sebagai berikut:

  1. HP Sering mati sendiri padahal daya batarai masih x% dan dikala dihidupkan baterai menjadi 100% dikala dihidupkan ulang sesudah mati sendiri
  2. Hp Hidup dikala di charge dan dikala dicabut eksklusif Mati
  3. HP Bisa dicas, namun dikala charger di lepas hp tidak mau menyala

c. Akibat kerusahakan pada jalur charger


Selain ic charger dan ic power kerusakan yang dapat mengakibatkan status baterai juga dapat disebabkan oleh Jalur charger yang rusak, beberapa akhir dikala jalur charger rusak diantaranya:

  1. HP dikala dicas bertambah namun sulit untuk mencapai 100%
  2. Stuck atau mentok di x% dikala dicharge tidak mau bertambah lagi.
  3. Batarai terisi normal namun sangat Lama melaksanakan charging, padahal charger ori dan hp fast charging
  4. Ketika dicharge indikator petir muncul namun baterai tidak mau bertambah, (tapi ini dapat juga kerusakan pada ic chargernya)
  5. Ketika di cas kadang bertambah dan sangat usang sekali kadang berkurang


Berdasarkan Identifikasi kerusahakan di atas maka kita dapat menyimpulkan bahwa dikala baterai HP dicharge namun daya malah berkurang, penyebabnya dapat jadi adanya kerusahakan atau dilema pada IC Charger hp anda atau dapat saja pada jalur charger, ya  kemungkinan besar lantaran kerusahakan IC Charger.

Bagaimana Cara untuk memperbaikinya ?

Untuk memperbaiki baterai hp dicharger tapi malah berkurang lantaran kerusahakan IC Charger, maka anda harus mengganti IC Chargernya.

 dalam waktu yang usang namun baterai Malah berkurang Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) usang tapi Malah berkurangdata-original-height="236" data-original-width="350" height="215" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnTtkODzcLaPDvnwmrZKwMxNfzTrju4_5bkClCu6HE0tVkxzZdjz5omKY7FdbGl1SJDFPCpYdaB3O2h6p_Gfh7AJHNd9EDi0zN14_WhI9rGfS7rVkqJLuF7p46-CxiL7zgiZqF0HmNHK73/s320/ic-charger-hp.JPG" title="Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) usang tapi Malah berkurang" width="320" />


Tentu saja untuk menggantinya harus oleh orang yang paham mengenai hardware hp, bawa saja ke tungka service, kecuali anda dapat sendiri.


Berapa harga IC Charger ?
Harga IC Charger tergantung dari brand hpnya, harganya ada yang di bawah 50.000 ada juga sekitar 50.000 - 100.000.

Dengan uraian di atas setidaknya anda dapat mengidentifikasi penyebab kerusahakan pada baterai hp anda, sehingga anda dapat mengupayakan perbaiknya dan mengestimasi biaya yang harus anda keluarkan untuk memperbaikinya.

Demikian artikel mengenai Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) tapi Malah berkurang, agar bermanfaat.





Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Hitung Waris Berbasis Android Terbaik Dan Akurat

Cara Menonaktifkan Lock Screen (Swipe Up) Di Hp Android Xiaomi

Cara Gampang Mengganti Bahasa Tema Hp Xiaomi Ke Bahasa Indonesia