Penyebab Hp Xiaomi Tidak Dapat Melaksanakan Panggilan Telepon Keluar

Sebelumnya saya pernah menjelaskan bagaiana mengatasi xiaomi-tidak-bisa-menerima-panggilan" target="_blank">hp xiaomi tidak bisa mendapatkan panggilan, salah satu penyebabnya lantaran xiaomi-tidak-bisa-menerima-panggilan" target="_blank">FDN.

Untuk anda pengguna hp android mungkin pernah mengalami hp android yang anda gunakan tidak bisa dipakai untuk melaksanakan panggilan keluar atau menelepon.

Ketika smartphone android anda dipakai untuk melaksanakan panggilan, panggilan pribadi berakhir dan dialihkan ke sim2, bahkan ada juga yang mengalami hp pribadi mati saat dipakai untuk menelepon.

Masalah di atas bisa terjadi pada semua brand hp baik itu nokia, samsung, bahkan sering sekali dialmi oleh pengguna brand hp xiaomi, ibarat apa yang terjadi pada sobat saya, hp xiaomi miliknya selalu berhenti melaksanakan panggilan dan selau dialihkan ke sim 2, padahal kartu celular yang dipakai masih dalam keadaan aktif dan pulsa masih ada.

xiaomi-tidak-bisa-melakukan-panggilan-telepon-keluar.png" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">Sebelumnya saya pernah menjelaskan bagaiana mengatasi  Penyebab HP Xiaomi tidak bisa melaksanakan panggilan telepon keluardata-original-height="170" data-original-width="170" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeBtOiyotvznTD8g2GdqLy1mEdkYwoEpKsRahM_erLqvThIXP3mERAdg-kAMbQByaj2vg2nj21OA_koFgzoyIfimy1xp960L2SN-RkckXB_KqkAuxSfyCjiuOQv3IQDrCblzg9j5ZLdCAi/s1600/xiaomi-tidak-bisa-melakukan-panggilan-telepon-keluar.png" title="Penyebab HP Xiaomi tidak bisa melaksanakan panggilan telepon keluar" />


Jelas saja dengan munculnya permasalahan tersebut anda bisa dibentuk kesal, apalagi anda sedang sangat perlu sekali untuk melaksanakan panggilan telepon. dengan duduk masalah tersebut panggilan telepon pun tidak akan bisa anda lakukan.

Sebenarnya ada berbagai penyebab kenapa hp xiaomi tidak bisa melaksanakan panggilan telepon, bisa lantaran bug pada sistem xiaomi yang digunakan, namun bisa juga lantaran kesalahan pengaturan kartu dan pengaturan signal yang anda gunakan.

Jika penyebabnya lantaran salah pengaturan bekerjsama cara memperbaikinya cukup mudah, namun anda harus bisa mengetahui penyebabnya.

Penyebab HP Xiaomi tidak bisa melaksanakan panggilan telepon keluar

Jika anda kebetulan mempunyai hp xiaomi namun anda tidak bisa melaksanakan panggilan telepon, maka kemungkinan beberapa penyebabnya yakni sebagai berikut:

Penyebab #1 - Jaringan Kartu di hp xiaomi anda terkunci pada mode 4G LTE Only.

Jika kartu anda hanya mengaktifkan jaringan 4G LTE only, maka kartu tersebut tidak akan bisa dipakai untuk melaksanakan panggilan telepon, jaringan 4G lte only hanya sanggup dipakai untuk internetan dengan jaringan 4G.

SOLUSI :
Untuk memperbaikinya langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

a. Buka HP Xiaomi anda kemudian pilih sajian settings/ setelan.

b. Pada halaman settings, pilih sajian about ponsel / perihal ponsel

c. Ketuk 5 kali bertutur-turut pada sajian Internal memory / Penyimpanan Internal, maka akan keluar halaman pengujian dengan beberapa sajian berikut:

  • Informasi telepon 1
  • Informasi Telepon 2
  • Info Baterai
  • Statistik penggunaan
  • Wi-Fi Information

Silahkan klik pada informasi telepon 1 atau informasi telepon 2, sesuai dengan kartu telepon anda terpasang.

d. Pada halaman Informasi telepon, Silahkan lihat pada opsi Setel Jenis jaringan yang disukai / set preferred network type. ibarat terlihat di gambar berikut:

xiaomi.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">data-original-height="319" data-original-width="309" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKB_e5e3YKBVQsXQOwYlqOvfqVm-cXXc-A9SPwpCkoaykocXsyOvWj5boGTGfuIPa_Bp5Yg-8FuCK91wa7F8BPJGk1qZe7qFXQzYM6v2JEvdRyHGn5PTmsZjYrhbEdaeXZX3Fyp-3iYJkH/s1600/seting-4G-xiaomi.jpg" />


Pastikan jenis jaringan yang dipilih bukan LTE Only, semoga anda bisa internetan dengan jaringan 4G dan juga bisa mendapatkan atau melaksanakan panggilan, silahkan pilih saja opsi LTE/GSM auto (PRL) atau TD-SCDMA, GSM/WCDMA and LTE atau yang semacamnya, yang penting jangan menentukan jaringan LTE Only.


Penyebab ke #2 -  Rom yang dipakai Bukan ROM Resmi

Penyebab ke 2 bisa jadi  disebabkan oleh bug sistem, ibarat contohnya lantaran jenis rom yang dipakai oleh hp xiaomi anda merupakan rom biro atau rom abal-abal.

Kita ketahui bahwa xiaomi yang beredar di pasaran indonesia sebagaian ada yang memakai rom biro atau rom resmi yang sudah dimodifikasi dengan alasan-alasan tertentu, rom jenis ini biasanya suka banyak bermunculan iklan tanpa dikehendaki saat hp deigunakan, bahkan rom biro terkadang mempunyai banyak bug sasah satunya bisa menjadikan anda tidak bisa melaksanakan panggilan telepon.

Silahkan amati jenis rom anda apakah rom biro atau rom resmi, untuk mengetahuinya bisa dibaca:
xiaomi-tidak-bisa-menerima-panggilan" target="_blank">Cara membedakan rom xiaomi orisinil atau palsu

Jika rom anda ternyata rom palsu atau rom biro maka sebaiknya anda ganti (flash ulang) dengan rom resmi.

Penyebab ke #3 - Slot SIM Bermasalah

Jika kartu celular yang anda gunakan dalam kondisi baik, sementara saat anda gunakan untuk menelepon muncul informasi service not available dan kartu tidak sanggup menangkap jaringan, kemungkinan besar ada duduk masalah dengan perangkat hardware, bisa jadi pada hardware telepon atau pada slot kartu.

Untuk memperbaikinya Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut:

1. Restart ponsel.
2. Kalau masih gagal, coba tukar slot sim nya, jadi yg td dipasang di sim 1 pindah ke slot sim 2.
3. Update firmware (update versi MIUI-nya.
4. kalau masih sering error, coba dibedakan sim yg khusus buat nelpon dan simcard satu lagi utk internetan. Nah sim yg khusus telpon, lock jaringannya ke “2G only”.

Jika langkah diatas tidak berhasil ,maka untuk duduk masalah ini sebaiknya anda berkonsultasi dengan orang yang paham perihal hardawar telepon / tukang service, bila itu penyebabnya anda bisa segera menggantinya dengan yang lebih baik.

Penyebab ke#4 -  Panggilan Dibatasi FDN

Apa itu FDN atau fixed dialing number, yakni kemudahan di ponsel berbasis android yang dipakai untuk membatasi panggilan, maka saat anda akan melaksanakan panggilan keluar, hanya nomor-nomor yang telah dimasukan ke sajian Fixed Dialing saja yang bisa disambungkan, sementara nomor-nomor lain yang tidak dimasukan di sajian Fixed Dialing akan diblok supaya tidak bisa melaksanakan panggilan. Misalkan hanya nomor 08xx12345678 yang anda masukan ke sajian Fixed Dialing, maka anda hanya akan bisa melaksanakan panggilan ke nomor 08xx12345678 dan bila akan menelpon ke nomor lain maka otomatis akan diblok.

Jika anda mendapati pesan peringatan  panggilan keluar dibatasi FDN saat melaksanakan panggilan keluar, itu artinya pengaturan FDN dalam keadaan aktif.

Pengaturan FDN di beberapa brand hp mungkin saja berbeda, namun untuk ponsel xiaomi untuk mendisable FDN langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

a. Buka panggilan telepon

b. Tap sajian icon garis tiga di sudut kiri bawah (ini di miui 8), kemudian pilih sajian settings/ setelan bergambar roda gigi

atau

Cara lain Buka setelan/settings > System Apps / aplikasi sistem > Call settings / pengaturan pangginal


c. Di halaman setelan / settings pilih opsi Advanced Settings, di halaman berikutnya scroll ke bawah kemudian pilih Fixed dialing numbers, silahakan pilih kartu ponsel anda, kemudian pastikan opsi Fixed Dialing Numbers dalam keadaan nonatif /off atau disable.


Penyebab ke #5 -  Nomot Tujuan Terblokir

Peyebab saat ketika anda tidak bisa mendapatkan panggilan telepon atau melaksanakan telepon, kemungkinan nomor telepon masuk ke dalam daftar blacklist.

Untuk menyelidiki blocklist di hp xiaomi langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

a. masuk ke serpihan setelan / settings

b. Pilih opsi System apps / aplikasi sistem

c. Pilih call settings / pengaturan panggilan

d. Tap opsi Blocklist, pastikan dalam keadaan off, atau bila memang anda sengaja aktifkan, di halaman blocklist, pilih opsi Blocked number, pastikan didalamnya tidak ada nomor hp yang anda maksud.


Demikian artikel mengenai  Penyebab HP Xiaomi tidak bisa melaksanakan panggilan telepon keluar, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Hitung Waris Berbasis Android Terbaik Dan Akurat

Cara Menonaktifkan Lock Screen (Swipe Up) Di Hp Android Xiaomi

Cara Gampang Mengganti Bahasa Tema Hp Xiaomi Ke Bahasa Indonesia