2 Cara Gampang Mendapat Isyarat Api Key Sha1 Di Android Studio

Cara gampang mendapat instruksi api key SHA1 di android studio - Khusus untuk pengembang aplikasi game android terutama yang memakai IDE android studio, saat anda ingin mengintegrasikan game anda dengan google play game service, saat anda ingin membat leaderboard atau achivement di play game service, maka anda akan diminta untuk memasukan instruksi SHA1 saat anda mencoba (link app) atau menghubungkan aplikasi anda dengan play game service.

Google play game service meminta anda memasukan Kode sha1 tujuannya ialah untuk mengotorisasi aplikasi android anda biar aplikasi anda sanggup memakai layanan yang dimiliki oleh google play game service.

Untuk pengembang aplikasi android pemula akan sedikit dibentuk gundah saat diminta untuk memasukan gugusan instruksi SHA1, darimana instruksi tersebut sanggup didapat?.

Ini juga pernah aku alami saat pertama kali menciptakan game android dan ingin mengintegrasikan game dengan layanan google play game service biar game service terutama untuk memakai layanan gratis leaderboard dan achievement.

Akhirnya sehabis mencari beberapa acuan ternyata Cara mendapat instruksi api key SHA1 itu cukup mudah. oleh alasannya ialah itu untuk acuan langsung dan juga untuk memperlihatkan gosip kepada anda aku akan uraikan di artikel kali ini.

2 Cara gampang mendapat instruksi api key SHA1 android studio

Untuk mendapat api key sha1 mungkin ada banyak cara, namun di artikel kali ini aku akan uraikan 2 cara saja, cara otomatis dan cara manual.

Ini khusus untuk para pengembang aplikasi android yang ingin mengintegrasikan aplikasinya dengan layanan google menyerupai goole maps, google play game service dan lain sebagainya.

Cara #1: Cara Praktis

Untuk mendapat instruksi api key SHA1 yang paling gampang ialah memakai android studio, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Silahkan aktifkan projek aplikasi android studio anda

b. Pada aplikasi android studio, silahkan tekan tombol gradle yang letaknya di pjok samping kanan atas aplikasi android studio, kemudian pada gradle struktur, silahkan cari dan double klik Signing Report, terlihat menyerupai gambar di bawah ini:

 Khusus untuk pengembang aplikasi game android terutama yang memakai IDE android studi 2 Cara gampang mendapat instruksi api key SHA1 di android studiodata-original-height="485" data-original-width="640" height="302" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEip3VFRZmNIVU0XczvEeaqLSBGZf5Xx9Houwj2bMNR4JSlpfqsce0l7e4JgR2iRaT-WKIhdiSfMOhUIlgT69FQKPjdYixEzd2STExzaeuV8na4h4GQ-XWZr1EoJ39Prcb31_lIZmdZH5KDe/s400/mendapatkan-kode-api-key-sha1-android-studio.jpg" title="2 Cara gampang mendapat instruksi api key SHA1 di android studio" width="400" />

c. Untuk melihat instruksi SHA1 yang digenerte, anda sanggup lihat di bab bawah di tab gradle console, terlihat menyerupai gambar di bawah ini:

data-original-height="345" data-original-width="640" height="215" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgcog2nJdcqww2NCqDGrlC0VA9RVSjyJj7atdjfxyI0STvHrUghUPeUeUG5DnvXjOtkOXO_aV8S8WJnQohAiv39-bYMUkRjMkQPPZWs9WptnL9ivacch6Ud0BpTglgNQ1KExOVbtAD8g0k/s400/kode-sha1.jpg" width="400" />

Silahkan anda copikan code SHA1 tersebut, kemudian gunakan untuk otorisasi aplikasi android anda.

Cara ke #2: Cara manual mendapat instruksi SHA1

Alternatif ke 2 yang sanggup anda gunakan untuk mendapat instruksi sha 1 ialah dengan cara manual, dengan cara menjalankan file debug.keystore memakai aplikasi keytool.exe bawaan jdk

File debug.keystore umumnya berada di folder  C:\Users\<USERNAME>\.android\debug.keystore silahkan periksa saja di komputer anda


Sedangkan aplikasi keytool.exe berada di folder java jdk\bin
Lokasinya biasanya berada di C:\ProgramFiles\Java\jre x.x.x\bin\keytool.exe, silahkan coba periksa.


Kedua file tersebut harus ada, bila sudah ada, maka langkah-lagkah untuk mendapat instruksi SH1 aplikasi android memakai keytool ialah sebagai berikut:

1. Buka command promp di komputer anda, kemudian arahkan ke folder dimana aplikasi keytool.exe berada.

2.Atau bila ingin cepat, di Sistem operasi Windows, silhkan buka window Explorer kemudian masuk ke  C:\Program Files\Java\jre x.x.x\bin\ dimana lokasi instalasi java di komputer anda berada.

Lalu silahkan masuk ke dalam folder bin, kemudian di dalam folder bin, tekan tombol shift di keyboard kemudian klik kanan mouse anda, kemudian Click pada menu Open command window here.

3. Untuk mendapat instruksi certificate fingerprint sha1 silahkan ketikan perintah berikut (copy paste saja di halaman command promt memakai mouse):

keytool -exportcert -list -v -alias androiddebugkey -keystore  %USERPROFILE%\.android\debug.keystore
Umumnya Anda akan diminta untuk memasukan password, passwordnya silahkan ketikan saja android lalu tekan enter

Maka akan keluar instruksi certificate finggerprint untuk komputer anda yang meliputi:
  • MD5
  • SHA1
  • SHA 256

Terlihat menyerupai tampilan gambar di bawah ini:

data-original-height="202" data-original-width="400" height="201" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSNSHLmJ84MI1CVnm1tcB40FBbimqW00HB6ekX7olEHG3nsbpEU5IyHetHdIz4xKDbQJ-CLqsqGVVkDhvw_QHpXfHyyouEyeSWBvj0nMT-z317vWiIhzuBWDSdf5wXfwssvS6PuzhHERk/s400/keytool-kode-sha.jpg" width="400" />

Silahkan copy paste instruksi untuk SHA1, caranya pada cmd, klik kanan kemudian pilih sajian mark, seleksi instruksi SHA1 kemudian tekan CTRL+C, gunakan di pendaftaran google play game service, silahkan ikuti petunjungnya hingga anda mendapat API ID untuk game anda yang harus anda pasang di code android game anda.

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Hitung Waris Berbasis Android Terbaik Dan Akurat

Cara Menonaktifkan Lock Screen (Swipe Up) Di Hp Android Xiaomi

Cara Gampang Mengganti Bahasa Tema Hp Xiaomi Ke Bahasa Indonesia