Cara Ampuh Menghapus Virus Di Hp Android Tanpa Aplikasi Anti Virus

Saya yakin untuk anda yang sering berkecimpung dengan dunia komputer tidak asing dengan istilah virus, ya virus bergotong-royong software atau perangkat lunak jahat yang memang khusus dibentuk untuk tujuan merusak.

Di awal kehadirannya virus dikenal di dunia komputer, namun seiring dengan perkembangan teknologi sekarang virus bukan hanya sanggup menyerang komputer, tapi juga sanggup menyerang perangkat mobile / smartphone, salah satu jenis smartphone yang menjadi sasaran serangan virus ialah hp atau smartphone dengan sistem operasi android.

Saya yakin untuk anda yang sering berkecimpung dengan dunia komputer tidak asing dengan is Cara Ampuh menghapus virus di hp android tanpa aplikasi anti virusdata-original-height="183" data-original-width="275" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEglTaFIwEVoES6u3Ree6w9PZ5g240Tsa-zElhF2pZMTZgFQleBjncQXCd8jWaDtmncEk0l8M-oURa3fIBGldYaERyum7Y8eoJL1iOvRso-NFFDk_0jIY69MNC8g6UENH7_Po-jNsTpXu90u/s1600/menghilangkan-virus-di-hp-android.jpg" title="Cara Ampuh menghapus virus di hp android tanpa aplikasi anti virus" />

Penyebab utama kenapa Smartphone atau hp dengan sistem operasi android menjadi salah satu sasaran serangan virus atau malicious dikarenakan hp andaroid  sangat populer, alasannya ialah biasanya semakin terkenal sebuah sistem operasi maka jangan heran akan menjadi sasaran serangan virus.

Ciri-ciri hp android terkena virus

Ada banyak sekali macam jenis virus yang sanggup menyerang hp android, sanggup berupa malware, trojan dan lain sebagainya, namun pada umumnya sifat virus biasanya akan menganggu performa sistem android, beberapa pengaruh yang ditimbulkan dikala hp android terkena virus diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Biasanya hp banyak muncul iklan.
  • Sistem menjadi berat, 
  • hp tiba-tiba mati dikala mendapatkan panggilan
  • Quota gampang habis
  • Baterai gampang sekali habis
  • Sering mendapatkan sms aneh, bahkan terkadang karakternya juga sulit dikenal
  • Booting usang (ketika hp dihidupkan sangat usang tidak menyerupai biasanya)

Kenapa Virus sanggup masuk ke hp android yang anda gunakan

 Ketika hp android anda pertama kali digunakan, mungkin saja hp android anda sangat ringan dan performa sangat bagus, namun seiring dengan penggunaanya tanpa anda sadari hp android anda sanggup terkena virus, beberapa penyebab bagaimana virus sanggup masuk ke hp android anda diataranya ialah sebagai berikut:

1. Anda sering menginstal aplikasi dari luar google play store

Untuk mendapatkan Aplikasi android bergotong-royong sangat mudah, anda tinggal mencari dan menginstalnya dari google play store, dan memang google sendiri merekomendasikan aplikasi yang terinstal di hp android yang kita gunakan harus diambil dari google play store alasannya ialah setiap aplikasi yang diupload ke google play store sudah mengalami pemindaian dari virus.

Tapi terkadang aplikasi yang kita inginkan tidak terdapat di google play store, jadi untuk mendapatkan aplikasi tersebut harus diperoleh dari luar google play store, ini sanggup menjadi penyebab virus masuk ke hp android anda, alasannya ialah aplikasi android yang anda instal dari luar google play store sanggup jadi sudah disusupi kegiatan jahat.

2. Anda selalu menyalakan bluetooth.

Cara masuknya virus yang kedua sanggup melalui blueetooth di hp android anda yang selalu dalam keadaan on, virus sanggup menyebar ke hp android anda melalui hp android sobat yang sudah tercemar virus yang sudah melaksanakan kontak melalui bluetooth.

3. Anda sering membuka situs-situs berbahaya

Yang berikutnya yang sanggup menyebabkan masuknya virus ke hp android anda, alasannya ialah anda sering mengakses situs-situs tidak layak dilihat menyerupai situs-situs remaja dan semacamnya, situs menyerupai itu terkadang sudah disisipi kegiatan berbahaya yang secara otomatis dikala anda susukan eksklusif masuk ke hp android anda tanpa anda sadari sebelumnya.


Cara Ampuh menghapus virus di hp android tanpa aplikasi antivirus

Umumnya untuk menghapus virus secara otomatis yang paling mudah ialah dengan memakai kegiatan antivirus, namun tidak semua kegiatan antivirus sanggup menghapus semua virus terkadang kalau virus terbilang baru, maka kemungkinan virus tidak akan sanggup dihapus.

Cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan virus di hp android yang kebetulan sudah terinveksi oleh virus ialah dengan cara manual tanpa antivrus.

Langah-langah untuk menghapus virus di hp android anda secara manual tanpa antivirus ialah sebagai berikut:

1. Masuk ke safemode hp android anda
Dengan masuk ke safe mode maka hp android anda hanya akan menjalankan aplikasi-aplikasi inti dari sistem android anda, dan hp android tidak akan menjalankan aplikasi yang anda isntal dari pihak ke 3, kecuali aplikasi virus.

Saya yakin untuk anda yang sering berkecimpung dengan dunia komputer tidak asing dengan is Cara Ampuh menghapus virus di hp android tanpa aplikasi anti virusdata-original-height="485" data-original-width="300" height="320" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2uolREJnzOxDt14G3a3mSxxrxp7eM0eQj6VpXn90CIF9AdRRZRM9PtXBRHsktNKAvgbWVe0IoqHFohxDHzERFZzZixDNa0UpT0dtFHEawJJrNLXl9pdNz9ffAAMYJhPByMPU8xyASwqk1/s320/masuk-safe-mode-di-hp-android.jpeg" title="Cara Ampuh menghapus virus di hp android tanpa aplikasi anti virus" width="197" />


Untuk masuk ke safe mode Ada beberapa cara yang sanggup anda gunakan, tapi umumnya memakai kombinasi tombol volume dan tombol power, silahkan googling saja sesuai dengan brand hp yang anda gunakan.

2. Buka aplikasi terinstal
Silahkan masuk ke halaman settings / setelan kemudian pilih instaled app / applikasi terinstal / apps, di beberapa brand hp android menunya akan sedikit berbeda.

3. Pilih tab download / terunduh
Pada halaman apps atau instaled apps, silahkan masuk ke tab downloaded / terunduh untuk melihat daftar aplikasi yang terpasang di hp android anda.

Di halaman daftar aplikasi terunduh tersebut seharusnya anda tidak akan sanggup melihat aplikasi apapun terinstal, alasannya ialah anda berada di safemode, namun lain halnya dengan aplikasi virus, aplikasi akan muncul walaupun dalam keadaan safemode.

Jika anda menemukan aplikasi asing yang anda merasa tidak pernah menginstalnya, kemungkinan itu ialah aplikasi virus yang harus anda copot / uninstall.

4.  Copot Aplikasi virus yang anda temukan
Jika anda menemukan ada aplikasi terinstal tapi anda tidak pernah menginstalnya kemungkinan itu virus, silahkan copot atau uninstal aplikasi tersebut, caranya klik saja pada tombol copot pemasangan / uninstal.

data-original-height="369" data-original-width="461" height="256" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4pFXU8a9ca46moSpt1J_39KfzKTc1f61Lg-ioHorJtQVZtFn45wePmJxJUAXRLM9GOHX06szXYdUEhTB0_IFivR8FuSBMqC9kUNIsH3elcFbN6PaEQhdYKPFJ_foX3myi0yxQ5EMXYfzU/s320/uninstall-malicious-app-android.jpeg" width="320" />


Jika aplikasi sulit di uninstal, kemungkinan penyebabnya ialah aplikasi tersebut sengaja  mempunyai susukan administrator, untuk menghapusnya anda harus menonaktifkan susukan direktur untuk aplikasi tersebut.

Anda sanggup mengaksesnya melalui sajian settings > schurity > device Administrator

atau

Bisa mengaksesnya melalui sajian settings > additional settings > privacy > administrator. silahkan nonaktifkan kalau ada aplikasi yang mempunyai susukan administrator.

Saya yakin untuk anda yang sering berkecimpung dengan dunia komputer tidak asing dengan is Cara Ampuh menghapus virus di hp android tanpa aplikasi anti virusdata-original-height="413" data-original-width="300" height="320" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjejq_iljlqdLbWH24ke6s0BsGgK5sbGTgmmCDZxOUYO4xp049nETy-l2xO3y20jBwO_8L7Nb2pOgveIQ7DFfsMw8atU2Y4L7mdbYDn8kanOA88WdbsMM_OVqwrW6HaEH5kFLvt6WVij0Ao/s320/device-administrator.jpeg" title="Cara Ampuh menghapus virus di hp android tanpa aplikasi anti virus" width="232" />


Beberapa brand hp penyajian seting direktur sanggup saja berbeda, anda sanggup googling untuk mengetahui caranya sesuaikan dengan brand hp yang anda gunakan.

5. Keluar safe mode.
 Jika aplikasi mencurigakan sudah anda hapus, maka langkah selanjutnya ialah keluar dari safe mode.

Silahkan masuk ke hp android anda kembali, dengan cara di atas seharusnya hp android anda sudah terbebas dari virus.

Demikian tentang 

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Hitung Waris Berbasis Android Terbaik Dan Akurat

Cara Menonaktifkan Lock Screen (Swipe Up) Di Hp Android Xiaomi

Cara Gampang Mengganti Bahasa Tema Hp Xiaomi Ke Bahasa Indonesia