8 Tips Mengatasi Hp Android Lemot Dan Gampang Sekali Panas Tanpa Root

Saat ini sistem operasi android bisa menjadi sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan, selain fasilitas pengoperasian, android didukung dengan banyak sekali macam fitur yang membuat hp dengan sistem operasi android nyaris sempurnra dan sangat disukai pengguna.

Kepopuleran android membuat banyak sekali macam pabrikan hp menggungkan sistem operasi android  pada setiap seri hp yang dibuatnya, walaupun sistem operasi android nyaris sempurna, pada kenyataanya banyak sekali pengguna yang mengalami banyak sekali macam hambatan dengan hp miliknya.

Saat ini sistem operasi android bisa menjadi sistem operasi mobile yang paling banyak dig 8 Tips Mengatasi HP Android Lemot dan Praktis sekali panas tanpa rootdata-original-height="321" data-original-width="549" height="187" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNoskqz9N8LozvgLfqlgGY_znNwvLJQBeScLX248PKsRCzJTI2xaYIfnQlqrMBVgDefRBlKF899XPLDBkbi_ya5uVUC2ZImKwCGLmpo_iEPaSLyC1jwAl_ez_bvMMkLC169p9ONVaTQv-6/s320/mengatasi-hp-android-lemot.jpg" title="8 Tips Mengatasi HP Android Lemot dan Praktis sekali panas tanpa root" width="320" />

Salah satu hambatan yang kerap sekali dialami oleh pengguna android ialah hpnya seiring kali menjadi lemot dan gampang sekali panas, padahal aplikasi yang terinstal sedikit, bahkan memory yang dimiliki smartphone cukup besar, sehingga kondisi tersebut terkadang sering membuat si pengguna merasa tidak nyaman.

Sebenarnya Ada banyak sekali faktor kenapa HP android menjadi gampang panas dan sangat lemot, beberapa diantaranya bisa disebabkan oleh bug pada sistem android, sistem android kurang stabil terhadap perangkat keras, banyak aplikasi terpasang, jaringan data untuk internetan tidak stabil, jaringan seluler tidak ada dan lain sebagainya.

Tips Mengatasi HP Android Lemot dan Praktis sekali panas tanpa harus root

Untuk anda pengguna hp android yang kebetulan sering mengalami panas pada hp android anda dan hp terkadang menjadi lemot, maka tips berikut bisa anda coba untuk mempercepat kinerja hp anda dan mengurangi panas yang sering terjadi pada hp android anda tanpa harus melaksanakan root.

1. Hindari penggunaan widget yang berlebihan.

Keberadaan widget memang untuk beberapa jenis sangat membantu, tapi sayangnya jenis widget yang terpasang terkadang sering menggunakan sumber daya hp yang terus-menerus, yang menjadikan hp bisa menjadi cepat panas dan lemot.

Oleh lantaran itu supaya hp tidak lemot dan terlalu panas, salah satu yang harus diperhatikan ialah penggunaan widget, pastikan widget yang terpasang hanya widget yang dianggap penting saja, jikalau penggunaannya tidak terlalu penting lebih baik dicopot saja.

Jika anda memang sangat perlu memasang widget, anda bisa meletakan 1 atau 2 widget saja yang aktif di layar utama hp android anda, semakin sedikit widget yang terpasang biasanya akan mengurangi beban sumber daya hp.

2. Hindari untuk menginstal banyak aplikasi.

Kapasitas ruangan penyimpanan besar bukan berarti untuk terus dijejali banyak sekali aplikasi, lantaran semakin banyak aplikasi yang anda gunakan maka selain sanggup memenuhi kapasitas ruang penyimpanan, berkas sisa pemakaian aplikasi dalam bentuk cache pun akan semakin menumpuk.

Semakin banyak cache menumpuk yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi tertentu maka kinerja hp pun biasanya akan ikut terpengaruh, apalagi anda memasang aplikasi yang tanpa sepengetahuan anda berjalan di latar belakang, terang ini bisa membuat hp semakin lemot saja.

Makara sebaiknya jikalau aplikasi tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik dihapus saja, lantaran semakin sedikit aplikasi yang anda gunakan maka ruang penyimpanan pun akan sekin besar sehingga kinerja memory hp pun akan semakin leluasa.

3. Matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Jika tidak diharapkan silahkan batasi penggunaan aplikasi yang berjalan dilatar belakang, dikala ini ada banyak sekali jenis aplikasi yang tanpa sepengetahuan kita aplikasi tersebut tetap runing walaupun tidak aktif.

Seperti aplikasi BBM, menonaktifkan-sms-dari-facebook-di.html">facebook, whats app dan aplikasi media umum lainnya yang mengaktifkan fitur notifikasi, aplikasi tersebut bahu-membahu terus dalam keadaan runing untuk menunggu dan membaca pesan-pesan terbaru yang akan pribadi muncul dalam bentuk notifikasi.

Aplikasi menyerupai itu akan sangat membebani memory hp anda sehingga jikalau penggunaannya terlalu banyak bisa membuat hp android anda lemot.

Jika memang aplikasi tersebut masih diperlukan, lebih baik matikan notifikasi otomatis, supaya penggunaan sumber daya hp menjadi lebih ringan.

4. Matikan Auto Sync di hp android anda.

Auto sync merupakan fitur yang akan selalu melaksanakan sinkronisasi untuk aplikasi-aplikasi bawaan android, dan aplikasi yang membutuhkan data menggunakan koneksi internet menyerupai aplikasi email dan aplikasi serupa lainnya.

Mengaktifkan autosync berarti anda mengizinkan jaringan di hp android anda untuk selalu standby terus menerus menunggu data terupdate yang terdapat diinternet, ini menjadikan penggunaan sumber daya hp anda akan semakin ekstra, sehingga tidak jarang jikalau terus menerus dalam keadaan aktif, hp akan cepat panas, lemot bahkan baterai gampang sekali terkuras.

5. Matikan Data seluler jikalau jaringan buruk.

Lebih baik matikan data seluler ketika anda menggunakan hp anda di kondisi jaringan buruk, data seluler yang terus hidup di jaringan jelek akan terus menerus mencari jaringan dan ini biasanya akan cepat membuat hp panas, baterai boros dan ketika hp dalam kondisi panas, maka biasanya hp akan sangat lemot sekali.

6. Lakukan update sistem jikalau sudah tersedia.

Berikutnya untuk mengatasi hp supaya tidak lemot adalah, pastikan selalu melaksanakan update jikalau update sistem sudah tersedia.

Update sistem biasanya akan berkaitan engan bug dan penambahan fitur, sehingga jikalau sistem android anda lemot disebabkan lantaran sistem mengalami bug maka update biasanya akan bisa mengatasi lemot tersebut.

Ini pernah saya alami di hp xiaomi redmi note 4 milik saya, ketik gres pertama kali dipakai hp benar-benar gampang sekali panas, baterai boros dan aplikasi pemutar video serta kamera seringa ngelag dan ngehang.

Ternyata permasalahan tersebut disebabkan oleh bug sistem android yang dipakai xiaomi seri yang saya gunakan, namun sesudah melaksanakan update, permasalahan pun menjadi hilang dan hp lebih stabil.

7. Bersihkan Data and cache secara berkala.

Cache biasanya merupakan file yang secara periodik akan terhapus dengan sendirinya, file ini dihasilkan oleh aplikasi yang dijalankan yang memang dirancang untuk memanfaatkan cache, tujuannya ialah supaya aplikasi tersebut dikemudian hari jikalau dijalankan ulang lebih cepat.

Semakin banyak aplikasi yang dipakai biasanya cache akan semakin menumpuk, walaupun cache akan terhapus dengan sendirinya, biasanya memerlukan waktu, sehingga jikalau semakin menumpuk biasanya akan membuat hp android kau menjadi sangat lemot.

Oleh lantaran itu membersihkan cache data ialah salah satu alternatif yang harus anda lakukan supaya hp android menjadi enteng kembali.

8. Selalu Lakukan Auto kill aplikasi.

Selanjutnya supaya hp android anda tidak lemot, maka anda harus selalu melaksanakan auto kill pada setiap aplikasi yang sudah selesai digunakan.

Biasanya ketika anda menutup aplikasi, aplikasi tersebut tidak keluar 100%, aplkiasi akan bersemayan di memory, tujuannya ialah jikalau aplikasi tersebut dijalankan ulang, aplikasi akan tampil dan aktif lagi dengan cepat.

Untuk memastikan aplikasi sudah tertutup anda bisa memanfaatkan fitur auto kill, biasanya dengan menekan salah satu tombol navigasi, maka anda akan melihat daftar aplikasi yang masih berjalan dimomory.

Jika anda melihat ada aplikasi yang sudah tidak anda gunakan masih berjalan dimemory, maka anda bisa menutupnya sehingga aplikasi benar-benar keluar. dengan demikian hp android anda akan semakin enteng dant idak gampang panas ketika digunakan.





Baca juga: 5 tips ampuh mengatasi hp android yang gampang panas

***
Sebenarnya ada banyak sekali cara yang sanggup anda gunakan untuk mengatasi hp android lemot dan gampang panas, cara di atas pada umumnya cara yang sering dilakukan yang sudah cukup ampuh mengatasi hp android lemot.

Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi lemot pada hp android anda, maka cara terakhir yang bisa anda lakukan ialah factory reset atau wipe cache partisi menggunakan refoto-cover-pada-mp3-di.html">covery mode.

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Hitung Waris Berbasis Android Terbaik Dan Akurat

Cara Menonaktifkan Lock Screen (Swipe Up) Di Hp Android Xiaomi

Cara Gampang Mengganti Bahasa Tema Hp Xiaomi Ke Bahasa Indonesia