Mengatasi Hamparan Layar Terdeteksi (Screen Overlay Detected) Di Android

Untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan izin kanal sumber daya di smartphone android, biasanya akan muncul obrolan yang meminta anda untuk mengizinkan kanal tersebut dengan menekan tombol, gosip izin tersebut  munculnya biasanya sih satu kali saja saat aplikasi pertama kali digunakan,

Ada satu permasalahan yang terkadang sering menciptakan jengkel pengguna, yaitu saat muncul obrolan konformasi untuk meminta anda mengizinkan aplikasi tersebut, etelah di konfirmasi muncul lagi obrolan yang mengharuskan anda melaksanakan pengaturan secara manual.

Seperti contohnya pada aplikasi yang mengakses sumber daya GPS untuk mengakses lokasi atau peta, selalu muncul obrolan gosip dengan pesan "Hamparan layar terdeteksi  (screen overlay detected)", obrolan tersebut akan meminta pengguna untuk membuka pengaturan / setelan untuk menonaktifan hamparan layar secara manual, ibarat terlihat pada gambar screen shoot di bawah ini:


data-original-height="194" data-original-width="259" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipwMsk6M-OsJCcelaSDGOAeoAFi4usvT5TH-Jp8QAzvfkoothaxAJbKbR2_Qrn6vxX_pVZg7Juf3RJIkIhOE1tao1dT3EufyRIJlgSjteLB9lPm0rGzWWhXwuKGRigeShTP97WA5Pw4Nv7/s1600/dialog-hamparan-layar-terdeteksi.jpg" />

Pesan tersebut biasanya sering muncul di hp android dengan sistem operasi versi marsmallow, dan paling sering dialami oleh pengguna beberapa seri hp samsung dengan sistem android, ibarat samsung j2 prime, samsung note 4, samsung j7, samsung j5, bahkan hp lenovo dan brand hp lainnya juga kadang mengalaminya juga.

Pesan tersbut gotong royong bukan error, namun sebuah pesan yang meminta anda untuk melaksanakan pengaturan secara manual, guna menonaktifkan hamparan layar.

Tentu saja untuk orang awam akan kesulitan bagaimana harus melaksanakan pengaturan tersebut, sebab memang di gosip yang muncul tidak disebutkan langkah-langkahnya.

Mengatasi Hamparan layar terdeteksi (screen overlay detected) di HP android

Jika anda mengalami permasalahan munculnya obrolan gosip hamparan layar tidak terdeteksi ibarat gambar di atas, dan anda kesulitan bagaimana memperbaikinya, maka anda dapat mengukuti langkah-langkah yang diuraikan di artikel ini.

Langkah-langkah untuk memperbaiki hamparan layar terdeteksi ialah sebagai berikut:

1. Pada obrolan yang muncul klik saja pada tulisan  Buka setelan, atau aktifkan hp android anda, kemudian masuk ke halaman setelan / pengaturan / settings.

2. Cari sajian Aplk / apps / installed app / aplikasi terinstal, (beberapa brand hp menyajikannya di sajian berbeda). ibarat pengaturan > aplikasi > manager aplikasi >

3. Silahkan klik pada aplikasi yang akan diberi izin, (aplikasi yang saat dijalankan  muncul obrolan gosip "hamparan layar terdeteksi "), sebut saja aplikasi Uber atau aplikasi yang membutuhkan kanal lokasi.

Anda akan masuk ke Halaman info aplikasi,

4. Pada halaman info aplikasi, cari opsi Izin / daftar Izin / perizinan apl, mungkin di hp anda menunya berbeda.

5. Kemudian pada halaman daftar izin anda akan melihat beberapa opsi seperti:
  • Kontak
  • Lokasi Anda
  • Penyimpanan
  • SMS
  • Telepon
 Biasanya sih tergantung dari sumber daya yang dipakai aplikasi tersebut.
 Jika pada opsi anda melihat opsi Lokasi anda, maka silahkan aktifkan opsi Lokasi Anda

Dengan mengaktifkan Opsi Lokasi anda di pengturan izin aplikasi biasanya dilema hamparan layar terdeteksi dapat diatasi, silahkan anda coba jalankan kembali aplikasi anda sebelumnya.

Permasalahan belum teratasi, masuk safe mode

Jika masih tidak dapat anda dapat coba masuk ke safe mode hp android anda untuk pengaturan di atas, untuk masuk ke safe mode langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:
  • Matikan HP
  • Hidupkan dengan menekan tombol Power + Volume down, hingga layar hp menyala, anda biasanya akan masuk ke tampilan safe mode.
Setelah masuk ke safe mode anda dapat mencoba kembali langkah-langkah yang diuraikan di atas dalam mode safe mode.

Setelah itu restart kembali hp android anda supaya kembali pada tampilan normal.

Itulah cara Mengatasi Hamparan layar terdeteksi (screen overlay detected) di android, semoga membantu.

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Hitung Waris Berbasis Android Terbaik Dan Akurat

Cara Menonaktifkan Lock Screen (Swipe Up) Di Hp Android Xiaomi

Cara Gampang Mengganti Bahasa Tema Hp Xiaomi Ke Bahasa Indonesia